SEJARAH PERKEMBANGAN INTERNET

Sejarah Perkembangan Internet

Internet berawal dari diciptakannya teknologi jaringan komputer sekitar tahun 1960. Jaringan komputer adalah beberapa komputer terhubung satu sama lain dengan memakai kabel dalam satu lokasi, misalnya dalam satu kantor atau gedung. Jaringan komputer ini berfungsi agar pengguna komputer bisa bertukar informasi dan data dengan pengguna komputer lainnya.

Sebelum terdapat internet, ARPAnet (US Defense Advanced Research Projects Agency) atau Departemen Pertahanan Amerika pada tahun 1969 membuat jaringan komputer yang tersebar untuk menghindari terjadinya informasi terpusat dan
untuk mengembangkan senjata nuklir. Amerika khawatir jika negaranya diserang maka komunikasi menjadi lumpuh. Untuk itulah mereka mencoba komunikasi dan menukar informasi melalui jaringan komputer. Jadi, apabila satu bagian dari sambungan network terganggu oleh serangan musuh, jalur yang melalui sambungan itu secara otomatis dipindahkan ke sambungan lainnya.

Setelah angkatan bersenjata Amerika, dunia pendidikan pun merasa sangat perlu mempelajari dan mengembangkan jaringan komputer. Salah satunya adalah Universitas of California at Los Angeles (UCLA) untuk keperluan penelitian dan pengembangan teknologi. Akhirnya tahun 1970 internet banyak digunakan di unversitas-universitas di Amerika dan berkembang pesat sampai saat ini. Agar para pengguna komputer dengan merek dan tipe berlainan dapat saling berhubungan, maka para ahli membuat sebuah protokol (semacam bahasa) yang sama untuk dipakai di internet. Namanya TCP (Transmission Control Protocol, dalam bahasa Indonesia artinya Protokol Pengendali Transmisi) dan IP (Internet Protocol).

Internet saat ini

Tahun 1989, Timothy Berners-Lee, ahli komputer dari Inggris menciptakan World Wide Web yaitu semacam program yang memungkinkan suara, gambar, film, dan musik ditampilkan dalam internet. Karena penemuan inilah internet menjadi lebih menarik tampilannya dan sangat bervariasi. Dahulu internet hanya dapat digunakan oleh kalangan tertentu dan dengan komponen tertentu saja. Tetapi saat ini orang yang berada dirumah pun bisa terhubung ke internet dengan menggunakan modem dan jaringan telepon. Selain itu, Internet banyak digunakan oleh perusahaan, lembaga pendidikan, lembaga pemerintahan, lembaga militer di seluruh dunia untuk memberikan informasi kepada masyarakat. Di samping manfaat-manfaat di atas, internet juga memiliki efek negatif dikarenakan terlalu bebasnya informasi yang ada di internet. Sehingga memungkinkan anak-anak melihat berbagai hal yang tidak pantas untuk dilihat ataupun dibaca.

 Cara mengakses ke internet

Bila di rumah kita tidak mempunyai komputer yang terhubung dengan internet, kita bisa memanfaatkan warnet (warung internet) atau mungkin di laboratorium komputer sekolah yang sudah terhubung ke internet untuk mencari informasi. Untuk mencari informasi atau data kamu bisa klik/tekan shortcut/gambar jika kamu menggunakan browser Internet Explorer. Kemudian isi alamat situs yang dituju pada Address. Untuk mencari informasi secara cepat, gunakanlah situs pencari seperti: yahoo.com, google.com, e-smartschool.com atau yang lainnya. Setelah masuk ke situs pencari tersebut, masukkan keyword (kata kunci) yang dicari.

Ringkasan Sejarah Perkembangan Internet

1960, ilmuwan komputer melakukan riset untuk menghubungkan beberapa sistem pada jaringan.
1969, ARPANET (DoD Advanced Research Project Agency) telah berhasil menghubngka UCLA, University of California di Santa Barbara, University of Utah, dan Stanford Research Institute.
1975, Pengaturan Internet dialihkan ke U.S Defense Communications Agency.
1979, USENET mulai menawarkan sistem konferensi secara broadcast dan newsgroup.
1981, BITNET (Because It’s Time Network) mulai menawarkan e-mail dan daftar server untuk distribusi informasi. CSNET (Computer Science Network) menawarkan dial-up service untuk e-mail. Pada saat itu, orang-orang sudah dapat mengakses Internet menggunakan komputer dekstop.
1982, TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol) menjadi standar untuk komunikasi jaringan pada ARPANET.
1983, MILNET dan DDN (Defense Data Network) memisahkan diri dari ARPANET.
1984, diperkenalkannya sistem Domain Server Name (DSN).
1988, Robert Morris, Jr. mengeluarkan “worm” untuk pertama kalinya ke Internet.
1990, CERN (the European Particle Physics Laboratory in Switzerland) mengembangkan World Wide Web.
1993, Presiden Clinton menjadi presiden pertama yang menggunakan pengiriman surat secara elektronik dengan alamat president@whitehouse.gov
1994, Digital video dan audio ditransmisikan melalui Internet.

sumber: http://diansidik.wordpress.com/2006/09/09/sejarah-perkembangan-internet/
Buku paket TIK kelas XI

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s